Cara membuat kabel LAN

Pertama Alat-alat yang di butuhkan untuk mengkrimping Kabel LAN :
  • Tank Crimping
  • Kabel UTP{kabel berpilin ganda tak berpelindung}
  • Konektor RJ-45
  • Cable Tester


lalu ikuti langkah-langkah berikut :

1. Ambil ujung kabel UTP, kuliti kabel tersebut menggunakan cutter / gunting kira-kira 10cm / secukupnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

221

2. Setelah itu pisahkan kabel-kabel yang saling mengikat. Untuk membuat sambungan dari perangkat yang sejenis ( misal: hub => hub, komputer => komputer, dll). Gunakan krimpingan kabel secara crossover. Adapun susunan kabel secara crossover seperti pada gambar berikut:

kable2 daftar1

3. Jika kita akan menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat yang berbeda jenis (misal: komputer => hub, komputer => switch, dll ). Gunakan krimpingan kabel secara straight. Adapun susunanya seperti pada gambar berikut:

urutan-strigt tabel

4. Setelah kabel diurutkan dengan benar, masukkan kabel tersebut kedalam rj-45 seperti pada gambar di atas. Kemudian krimping kabel dan rj-45 tersebut menggunakan tang krimping.

1

5. Cek apakah kabel tersebut sudah terkrimping dengan benar dengan menggunakan kabel tester. Masukkan ujung kabel yang sudah terkrimping tadi ke kabel tester. Kemudian nyalakan kabel tester dan lihat nyala dari lampu indikator pada kabel tester tersebut.

cable_tester1

Setelah semua proses yang kita lewati tadi, maka sekarang kabel sudah siap untuk digunakan. Selamat mencoba.